cover
Contact Name
Ike Sylvia, S.IP., M.Si.
Contact Email
-
Phone
+6281363630789
Journal Mail Official
sikola@ppj.unp.ac.id
Editorial Address
Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang (Integrated Classroom B UNP Air Tawar Padang) Jl. Prof. Dr. Hamka, Air Tawar, Padang
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran
ISSN : 26863413     EISSN : 27151735     DOI : https://doi.org/10.24036/sikola
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan pengajaran adalah Jurnal Ilmiah yang diterbitkan oleh Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang. Jurnal ini memfasilitasi diskusi berkaitan dengan Dinamika Institusi pendidikan, Kebijakan Pendidikan, Kurikulum, Model-model Pembelajaran, Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Dengan kajian yang mendalam diharapkan artikel dalam jurnal ini memberikan pemikiran baru berkaitan dengan pengembangan konsep dan teori yang ada dalam ilmu pendidikan.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 3 (2022): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembalajaran (March 2022)" : 5 Documents clear
Pelaksanaan Pembelajaran Sosiologi Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 Ridho Illahi; Ike Sylvia
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol 3 No 3 (2022): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembalajaran (March 2022)
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sikola.v3i3.153

Abstract

Penelitian ini bertujujuan untuk (1) Untuk mengetahui implementasi pelaksanaan BDR yang dilakukan oleh kepala satuan pendidikan dan guru untuk mendukung terselenggaranya proses pembelajaran jarak jauh di SMA Negeri 2 Bukittinggi (2) Untuk mengetahui implementasi pelaksanaan BDR oleh peserta didik pada masa Covid -19 di SMAN 2 Bukittinggi (3). Untuk mengetahui implementasi pelaksanaan BDR oleh orang tua pada masa Covid-19 di SMAN 2 Bukittinggi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah satuan pendidikan, guru, dan peserta didik kelas XI IPS. Teknik sampling yang digunakan yaitu random sampling, jumlah responden sebanyak 4 satuan pendidikan, 1 guru sosiologi, dan peserta didik sebanyak 69. Instrumen yang digunakan yaitu angket, disusun menggunakan Google Form dan dibagikan ke dalam WhatsApp Group kelas. Hasil penelitian ini menunjukan Implementasi kebijakan BDR yang diterapkan oleh satuan pendidikan dan guru dinyatakan dalam kategori sedang, perserta didik dalam kategori sedang, orang tua dalam kategori sedang sehingga dapat di simpulkan bahwa implementasi pelaksanaan BDR oleh satuan pendidikan, guru, peserta didik, dan orang tua di SMAN 2 Bukittinggi sejalan dengan SE Kemendikbud No 15 tahun 2020 saat PJJ.
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Pada Pembelajaran Sosiologi SMA untuk Meningkatkan Keterampilan Peserta Didik dalam Memecahkan Masalah Putri Pattitria Ningrum; Ike Sylvia
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol 3 No 3 (2022): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembalajaran (March 2022)
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sikola.v3i3.154

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penilaian terhadap lembar kerja peserta didik model problem based learning mampu meningkatkan keterampilan dalam memecahkan masalah materi sosiologi pada peserta didik kelas XI IPS 3 SMAN 2 Pasaman. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (R&D) yang mana ada define, design, develop, dan disseminate, teknik pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Untuk melihat layak atau tidaknya instrumen penelitian ini dilihat dari skor angket praktikalitas dari guru dan peserta didik. Penelitian ini menggunakan teori yang bernanama teori konstruktivistik oleh Piaget yang dimana teori konstruktivisme merupakan sebuah teori yang sifatnya membangun, membangun dari segi kemampuan, pemahaman, dalam proses pembelajaran. Sebab dengan memiliki sifat membangun maka dapat diharapkan keaktifan dari pada peserta didik akan meningkat kecerdasannya. Dari penelitian ini terdapat pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik terdapat hasil belajar peserta didik pada materi integrasi sosial pada kelas XI IPS 3 SMAN 2 Pasaman dari hasilnya layak digunakan.
Strategi Mengatasi Perilaku Indisipner Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi Di Kelas XI IPS SMA Liza Yulianti; Desri Nora
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol 3 No 3 (2022): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembalajaran (March 2022)
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sikola.v3i3.160

Abstract

Penyelenggaraan pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 harus dilakukan secara daring (dalam jaringan), karena pembelajaran secara tatap muka tidak bisa dilakukan secara maksimal. Hal itupun diberlakukan di SMA Negeri 1 IX Koto Kabupaten Dharmasraya. Implikasi dari pembelajaran yang dilakukan secara daring ini membuat timbul perilaku indisipliner siswa. Adapun perilaku yang tibul adalah alfa atau tidak dating kesekolah tanpa keterangan, datang terlambat ke sekolah, cabut pada saat jam pelajaran, merokok di lingkungan sekolah, berkata-kata kasar atau kotor, mendengaran musik pada saat pelajaran berlangsung dan menonton video yang tidak baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan strategi yang dilakukan oleh guru Sosiologi dalam mengatasi perilaku indispliner siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus dengan jenis studi kasus instrinsik, teknik pemilihan informan purposive sampling dengan informan sebanyak 11 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara mendalam dan studi dokumentasi yang dianalisis dengan berpedoman pada teknik analisis data interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru Sosiologi dalam mengatasi perilaku indisipliner siswa di SMA Negeri 1 IX Koto Kabupaten Dharmasraya dilakukan melalui Metode Keteladanan, Pendekatan Personal, Pemberian Nasehat dan Metode Pembiasaan yang Baik.
Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 26 Padang Habib Rafi Fauzan; Wirdanengsih Wirdanengsih
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol 3 No 3 (2022): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembalajaran (March 2022)
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sikola.v3i3.167

Abstract

Pendidikan karakter perlu dibelajarkan pada peserta didik di institusi pendidikan, agar dapat menumbuhkan perilaku yang sesuai dengan agama, nilai, dan norma yang dianut. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan penguatan pendidikan karakter pada masa pandemi covid 19 di SMPN 26 Padang. Teori yang digunakan pada penelitian, yaitu teori struktural fungsional oleh Talcot Parson. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tipe studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakanobservasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa pelaksanaan penguatan pendidikan karakter pada masa pandemi covid 19 di SMPN 26 Padang dilaksanakan melalui pengintegrasian nilai-nilai karakter religius, jujur, dan bertanggung jawab. Melalui kegiatan rutin di awal pembelajaran dengan berdoa dan pemberian motivasi, kemudian dilanjutkan dengan pengontrolan keterlaksanaan sikap-sikap religius dan sosial siswa melalui buku agenda.
Pelaksanaan Pembelajaran Sosiologi Kelas XI Pada Siswa Program 3T (Terpencil, Tertinggal, Terluar) di SMAN 1 Sumbar Nia Pratiwi
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol 3 No 3 (2022): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembalajaran (March 2022)
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sikola.v3i3.182

Abstract

SMAN 1 Sumbar merupakan salah satu sekolah yang dicanangkan oleh pemerintah sebagai sekolah unggul Sumatera Barat. Pada tahun 2014 sekolah ini direkomendasikan oleh pemerintah untuk menerima siswa Program 3T. Hasil pembelajaran yang dicapai oleh siswa Program 3T banyak yang berada di bawah standar KKM yang telah ditentukan sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pembelajaran sosiologi pada siswa program 3T dan bagaimana usaha yang telah dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa program 3T. Penelitian ini menggunakan teori belajar dengan konsep teori belajar kognitif yang dikemukakan oleh Jerome Bruner. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus, pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian adalah wakil kesiswaan, guru, dan siswa SMAN 1 Sumbar dengan teknik purposive sampling. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun dalam kegiatan pelaksanaan pembelajaran sosiologi adalah (1) Langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran sosiologi, (2) Teknik-teknik pelaksanaan pembelajaran sosiologi. Adapun usaha yang telah dilakukan dalam meningkatkan hasil pembelajaran siswa Program 3T adalah: (a) Memberikan belajar tambahan oleh guru pendamping khusus mata pelajaran tertentu, (b) Melaksanakan layanan konseling individual/ perorangan, (c) Melaksanakan kegiatan super camp, (d) Memberikan layanan khusus oleh guru pendamping asrama.

Page 1 of 1 | Total Record : 5